Ulang Tahun Pertama dan 3 Artikel Terbaik

Ulang Tahun Pertama dan 3 Artikel Terbaik Ulang Tahun Pertama dan 3 Artikel Terbaik ulang tahun 1 clairesparkle

Tepat 3 hari yang lalu, tepatnya tanggal 26 April, Blog Manuver Bisnis merayakan ulang tahun yang pertama. Kayaknya, terasa baru kemarin rasanya mencoba mengulik-ngulik serta membuka buku-buku tentang menulis Blog untuk mencoba-coba memulai ngeblog sendiri. Walaupun dengan kemampuan menulis seadanya, langkah dan gagasan untuk mencoba menulis blog yang bertema Bisnis dan Manjemen akhirnya bisa terlaksana, meski awalnya sempat tertatih-tatih. Sempat dilanda kebingungan di awal-awal menentuan isu atau tema artikel yang diangkat tiap minggunya, bahkan ada diantaranya yang diposting last minutes di hari Kamis dini hari (malam Jum’at), karena belum menemukan isu pas yang harus diangkat. Tetapi tidak terasa 365 hari sudah Blog yang didesain dengan mengedepankan penulisan bisnis dan manajemen dengan narasi “ngepop” hadir berkiprah tiap minggu menyambangi pembacanya untuk berbagi. Pendeknya, mencoba untuk berkontribusi, betapapun kecilnya, untuk semakin “semaraknya” atmosfer Bisnis dan Manajemen di tanah air.

Blog Manuver Bisnis memang didesain untuk hadir tiap minggu, sempat hari untuk posting-an merubah-rubah. Tetapi akhir-akhir ini penulis “memutuskan” untuk memposting tulisan di Blog ini setiap hari Kamis yang kebetulan pula merupakan hari lahirnya. Besar harapan, tulisan ringan tiap minggu yang diposting, akan bisa memberikan sekeping pencerahan bagi para pembacanya. Akan lebih membahagiakan lagi kalau sidang pembaca Blog Manuver Bisnis yang terhormat berkenan menyebarkannya ke handai taulan. Sehingga energi “sharing” ini akan menetes dan bermanfaat untuk khalayak yang lebih luas secara masif.

Dalam kesempatan ini kami mencoba menghadirkan 3 artikel favorit Blog Manuver Bisnis di tahun pertama dengan penilaian kacamata yang berbeda. Inilah artikel-artikel terbaik selama kurun waktu 26 April 2009 – 25 April 2010, sebagai berikut :

Sang Penantang Pasar itu Bernama Yamaha. Merupakan artikel yang mengulas laju kiprah sang penantang pasar (Challenger Market) Yamaha yang mencoba “memperpendek” jarak omsetnya dengan sang pemimpin pasar, Honda. Langkah cerdas yang yang dipertontonkan Yamaha di Indonesia merupakan membelajaran menarik bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam konstelasi bisnis. Dengan meminjam pisau analisis Michael Treacy dan Fred Wiersema penulis buku Discipline Market Leader, artikel ini menjadi artikel yang paling banyak disambangi pembaca berdasarkan data statistik.

Meretas Pindah Kuadran Agar Tidak Berdarah-Darah. Artikel yang berada di kanal kategori Entrepreneur Spirit ini dipilih karena mengundang paling banyak komentar. Menekankan tip bagi yang berminat untuk pindah kuadran dari seorang karyawan atau pegawai ke kuadran menjadi wirausaha sendiri. Dengan diperkaya cerita orang yang “belum berhasil” pindah kuadran maupun yang sudah berhasil, sepertinya mengundang banyak pembaca mengomentari artikel ini.

Pengangguran Terdidik, Cak Eko dan Wirausaha. Sebuah artikel yang saya dapatkan dari mengkombinasikan data pengangguran terdidik (lulusan perguruan tinggi) di sebuah surat kabar, serta input ketika memoderatori acara bertajuk menghidupkan spirit entrepreneurship yang menghadirkan Cak Eko, pemilik waralaba bakso. Sebuah tulisan yang membidik “mind-set” yang kurang pas dalam memaknai sebuah pekerjaan yang sering dilakukan para lulusan sekolah tinggi. Sebuah insight yang barangkali perlu “dipertimbangkan” oleh para lulusan perguruan tinggi.

Demikianlah 3 artikel favorit Blog manuver Bisnis pada ulang tahunnya yang pertama yang dinilai dari angle yang berbeda-beda. Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah kami mengucapkan banyak terima kasih atas atensi, masukan, saran, kritik yang terlontar selama ini dari para pembaca untuk kemajuan Blog ini. Semoga tahun mendatang bisa lebih konsisten dan tidak “bolong-bolong” lagi. Selamat membaca.

Credit photo : clairesparkle@flickr.com

Previous

Mengail Segenggam Rupiah dari Rumah

Next

Turnaround Trengginas ala Irfan Setiaputra

4 Comments

  1. Selamat atas milad blognya ya Mas.. ‘Baru’ 1 tahun sudah menelurkan bermacam tulisan nerisi dan inspiratif.. karena sang empunya pun mempunyai kapabilitas mumpuni di bidangnya.. 🙂

    Sekali lagi, selamat ultah!

    • @Asepsaiba : Terima Kasih Mas atas support-nya, mohon doanya ditahun-tahun mendatang bisa lebih konsisten dan kualitas penulisan yang disajikan meningkat…..dan bisa memberikan manfaat untuk sesama khususnya yang berkecimpung di bidang Bisnis dan Manajemen…..

  2. Selamat ulang tahun ! Blog baru dengan tulisan yang informatif bertebaran di dunia maya, namun sayang cukup banyak yang berumur kurang dari setahun dan kemudian mati suri atau kosong melompong ditinggal pemiliknya. Saya yakin blog ini bukan termasuk didalamnya. Semoga artikel informatifnya bisa terus “hidup” dan berlanjut. Salam kenal dan ditunggu artikel menarik lainya.

    • @Nyoman : Terima kasih Mas Nyoman atas ucapan selamat Ulang Tahun. Semoga harapan bahwa blog ini tidak “mati suri” akan menjadi kenyataan. Tetap mampir Mas di Blog Manuver Bisnis 🙂

Tinggalkan Balasan

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén