Ulang Tahun Ke-3 dan artikel Terbaik

Ulang Tahun Ke-3 dan artikel Terbaik Ulang Tahun Ke-3 dan artikel Terbaik birthday cake 3 candlesHari ini, Blog Manuver Bisnis “berhasil” menapaki usia ke-3. Tidak terasa sekaligus tidak menyangka Blog ini bisa bertahan memposting tulisan ringan seminggu sekali di hari Kamis. Dulu, ketika pertama kali meluncurkan blog, sempat terbersit rasa khawatir, blog ini hanya bertahan sebentar, tidak terurus dan akhirnya “mati” ditinggal pembacanya seperti fenomena yang kerap saya lihat, walaupun sejatinya isi blog tersebut sangat menarik untuk disimak. Alhamdulillah, walaupun sedikit tertatih-tatih seminggu sekali sebuah tulisan ringan yang bisa dibaca sambil santai sembari menyeduh teh dan mengunyah kudapan kecil ini bisa hadir.

Ucapan terima kasih kepada para pembaca setia Blog ini atas apresiasi, dorongan, masukan yang tiada henti yang disampaikan lewat segala jalur, mulai dari e-mail, sms, sosial media, maupun ketika bersua langsung. Dukungan penuh dan sokongan ini yang selalu memacu saya untuk tetap “memaksa” diri mengetik dihadapan layar komputer tiap minggunya. Ada beberapa keinginan pembaca yang belum terealisir sampai saat ini, mulai permintaan mengulas topik bisnis tertentu sampai menghimpun kumpulan tulisan di blog menjadi sebuah buku yang handy dan mudah dibaca sambil santai. Semoga segera terealisir usulan ini. Mohon maaf ya….

Bagi saya pribadi, tidak ada yang lebih menggembirakan manakala sharing tulisan tiap hari Kamis ini bisa bermanfaat betapapun kecilnya bagi pembaca yang sempat membacanya. Bagi saya, tidak perlu menjadi orang hebat terlebih dahulu untuk bisa berbagi. Semoga sajian ringan tiap minggu ini mampu menghadirkan aura positif bagi maraknya atmosfer bisnis, manajemen, kewirausahawan di tanah air.

Dalam kurun setahun ini, ada beberapa artikel yang mampu menarik perhatian pembaca untuk menyimaknya, diantaranya :

Melirik Jepang membangun Industry Kecil & Menengahnya, artikel ringan ini yang dibaca banyak sidang Pembaca Blog Manuver Bisnis. Tulisan ini sedikit bercerita bagaimana industrialisasi perusahaan kecil dan menengah di Jepang digelindingkan dan dijalankan. Jepang merupakan salah satu negara yang mampu mengembangkan perusahaan UKM-nya dengan baik serta bisa mengintegrasikannya dengan perusahaan-perusahaan besar.

Menginjeksikan Budaya Displin ala Iganisus Jonan, merupakan artikel lain yang banyak dibaca juga. Cerita Pak Ignasius Jonan sebagai CEO KAI yang merubah kultur di perusahaan tersebut memang luar biasa. Sebagai salah satu penumpang setia kereta api Taksaka, saya pribadi merasakan ada perubahan-perubahan mendasar sejak beliau menjabat. Banyak dimensi level pelayanan “membaik” di bawah kepemimpinan Beliau.

Kesalahan yang Kerap Terjadi dalam Business Plan, merupakan artikel yang banyak mendapatkan tanggapan pembaca. Artikel ini mengingatkan pentingnya berhati-hari dalam menyusun business plan akan kita lakoni. Tulisan ini diadopsi dari serangkaian diskusi dengan mahasiswa di kelas Business Proposal.

Sekali lagi, atas atensi yang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih. Ditunggu selalu masukan-masukannya agar kualitas sharing yang dihasilkan dalam Blog Manuver Bisnis bisa dimanfaatkan secara lenih maksimal. Selamat Ulang tahun untuk Ke-3 untuk Blog Manuver Bisnis. Happy Birthday…..

Credit Photo: fishing History

Previous

8 Karakteristik Segmen Kelas Menengah Indonesia

Next

Agar Sense of Intrapreneur Mekar di Perusahaan

8 Comments

  1. arif mustofa

    wah selamat mas donny, aliran pemikiran yang selama ini muncul terus berlanjut seterusnya..terimakasih

  2. reres

    Donny, selamat ya dengan konsistensi dan komitmennya dalam menulis di manuver bisnis blog ini..salut sekali !! Dan yang terpenting adalah artikel artikel ini sangat menginspirasi dan menambah wawasan seorang saya yang banyak belum tahu apa apa…dan saya yakin juga memberi banyak manfaat untuk pembaca pembaca lain…sekali lagi SUGOI….

  3. AbyL

    Selamat pak, atas menginjak ke 3 tahunnya blog ini, semoga selalu bertahan blognya da makin berguna bagi pebisnis pemula dan banyak orang.. God Bless Manuverbisnis

  4. Ayu LYS

    Selamat ultah juga buat blog manuverbisnis, yang telah banyak menginspirasi pembacanya dengan tulisan yang ringan. Terima kasih buat Donny yang setia mengundang melalui milis IUJ, soalnya suka kelupaan :). Semoga kedepan semakin banyak yang mendapatkan manfaat dari blog ini. Mohon ijinnya untuk merekomendasi temen2 ikut menikmati blog ini .. Salam, dan sukses selalu … totemo sugoi neee …

    • @Mba Ayu LYS : silahkan Mba, semakin banyak yang bisa menarik manfaat dari tulisan ringan ini, saya semakin bersyukur….mada sugoi ja arimasen Mba…tapi mudah2an bisa sampai level itu 🙂

Tinggalkan Balasan

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén