One Heart : Serangan Balik Sang Pemimpin Pasar

One Heart : Serangan Balik Sang Pemimpin Pasar One Heart : Serangan Balik Sang Pemimpin Pasar supercub honda

“Menyerang adalah pertahanan terbaik” Sun Tzu ( 544 BC-496 BC ).

Masih teringat betul di ingatan masa kecilku ketika Ayah saya membelikan hadiah sebuah Honda bebek warna merah yang warna lampu-nya bulat untuk Ibu di hari ulang tahun awal tahun 1980an. Kala itu produk motor Honda di tanah air yang meraup segmen mayoritas alias pemimpin pasar memang melesak jauh meninggalkan lawan-lawannya. Sebagian besar tetangga yang mempunyai motor dipastikan merupakan konsumen motor bermerek Honda. Sampai-sampai merek motor Honda menjadi “merek generik” untuk kategori bebek kala itu. “Honda bebeknya mereknya apa?” kalimat itu seringkali terdengar bila seseorang membeli produk motor bebek kala itu. Semua sepeda motor bebek dijuluki “Honda bebek” walaupun merek motornya merupakan merek lain. Ini menunjukkan saking kuatnya asosiasi merek Honda (Brand Association) kala itu terpatri di benak konsumen.

Tetapi konstelasi bisnis bukan hal yang statis dan jalan di tempat, dekade ini, sang Penantang Pasar (Yamaha) tidak mau didikte terus menerus di pasar. Diam-diam mereka merancang serangan balasan dengan meluncurkan gebrakan dengan meluncurkan varian terbaru motor skuter otomatik bernama Mio, dan hal itu efektif. Jurang menganga lebar market share antara Honda dan Yamaha kian beranjak mendekat dan berkejar-kejaran. Bahkan di beberapa kuartal,Yamaha sukses menyalip Honda. Tak urung manuver bisnis Yamaha di tanah air ini membikin para petinggi Honda “deg-degan”. Serangkaian produk Honda pun diluncurkan untuk menahan laju sang penantang pasar yang menggempur pasar bertubi-tubi.Dari segi produk, Varian Honda Vario, Honda Beat serta Scoopy diluncurkan untuk mengimbangi.

Sementara di sisi komunikasi dengan konsumen, Astra Honda Motor (AHM), perusahaan yang menaungi produk dan pemasaran Honda mulai aktif membangun komunikasi intens dengan konsumen dengan amunisi baru bertajuk One Heart. Suatu program yang dulunya jarang digarap Honda ketika posisinya masih leading jauh meninggalkan lawannya. Nidji dan Agnes Monica pun digandeng untuk mendendangkan bait-bait jingle lagu One Heart yang sering muncul di layar televisi.

Langkap agresif ini dibarengi juga dengan membombardir media radio dan juga lewat print ad. Tulisan One Heart juga bertengger di motor pembalap MotoGP dari Repsol Honda si Dani Pedrosa dan Andrea Dovisioso. Seakan tidak mau kalah dengan Yamaha yang menyematkan slogan Semakin di Depan pada tim motorGP Fiat Yamaha. Sementara itu, komunitas motor Honda pun digamit untuk ikut meramaikan program ini seperti yang dilakukan di Kiara Payung, Jatinagor, dimana ada sekitar 6000 bikers Honda berkumpul dan membentuk tulisan One Heart bila dilihat dari angkasa. Sepertinya, Honda sedang menabuh genderang lebih agresif, seakan mengingatkan bahwa semua, Honda-lah adalah sang Raja Motor.

Saya melihat manuver yang diusung Honda dengan gegap gempitanya One Heart sangat wajar, setelah pangsa pasarnya tergerus cukup lumayan oleh Yamaha. Harus diakui Honda sedikit lengah dengan “kenikmatan” yang diperolehnya sebagai pemimpin pasar. Tapi menurut saya, sebagai merek yang dikenal oleh banyak orang, saya melihat langkah-langkah untuk menyedot perhatian lewat kampanye One Heart agak “generalis”, kurang fokus.

Meminjam nasihat Michael Treacy dan Fred Wiersema dalam buku monumentalnya Discipline Market Leader : Choose Your Customers, Narrow Your Focus, Dominate Your Market, Honda tidak kedodoran di sisi product leadership ataupun lemah di segi operational excellence. Melainkan, Honda melupakan untuk menceburkan diri untuk membangun “customer intimacy” yang intens dengan para konsumen fanatik Honda. Coba kalau diperhatikan, Honda merasa posisinya sebagai motor irit dan harga jualnya relatif stabil kalau dijual kembali yang di tahun 80-an sampai tahun 2005 masih diinginkan oleh konsumen. Ternyata, tidak lagi menjadi pemicu utama konsumen untuk membeli Honda.

Konsumen muda yang penuh gairah dan semangat tidak “mempan” hanya diiming-imingi hal itu. Mereka butuh produk yang trendi, lain daripada yang lain, suatu hal yang dapat ditangkap oleh Yamaha yang akhirnya menelurkan varian produk Mio yang produknya laku keras tersebut. Oleh karenanya ketimbang membombardir TV dengan program One Heart yang sasaran dan cakupannya cukup lebar (Serta membutuhkan biaya iklan yang tidak sedikit, menurut data dari Nielsen yang dikutip majalah Swa, belanja iklan Honda naik 17,57% di periode Januari-September 2010 dibanding periode sama di tahun 2009), lebih baik Honda menggarap “penggemar fanatik” Honda yang sudah ada. Itu lebih efektif dan efisien. Sehingga keinginan dan kebutuhan motor Honda yang dimaui konsumen Honda segera terdeteksi segera dan dilakukan tindakan aksi. Jangan sampai “dicuri start-nya” untuk kedua kalinya oleh Yamaha dengan Mio-nya beberapa saat lalu.

Pengalaman haruslah dijadikan pelajaran berharga. Kesalahan yang sama pantang untuk diulang!

Credit Photo : devari.com

Previous

Rustono : Raja Tempe di Negeri Samurai

Next

Kelas Menengah, Aspek Lokal dan Kemauan

38 Comments

  1. Yusuf Fakhrudin

    yups ..
    that’s right, costumer not only needs advertising on tv, but costumer needs new inovation and new design.
    if we want to dominate market, we must launch a new product that fits with the commonity.

  2. Dewi C. M

    That’s right,that is brilliant argument Sir… ^_^
    I so agree with yours. let’s see

    saya setuju dengan pendapat bpk karena beberapa aspek sebagai berikut :

    Pertama, jika dilihat dari latar belakang sejarah honda yang telah dipercayai dan mendapat berbagai sanjungan dari masyarakat umum. Seharusnya honda dapat menganalisis loyalitas pelanggan dan memanfaatkan hal itu sebagai opportunities market. sebab loyalitas konsumen merupakan salah satu faktor utama untuk merebut pangsa pasar. oleh sebab itu, honda akan lebih mudah mengatasi gebrakan yamaha dengan meng-handle pelanggan honda yang masih menggunakan produk honda. hanya saja honda terbawa dengan gelar the king of market motorcycle, sehingga disalip oleh yamaha yang mencoba terobosan baru. alhasil, penjualan honda menurun karena motor metic mio memasuki pasar, yang semula dianggap enteng oleh honda.kelalaian honda dalam menagntisipasi produk baru, terutama perkembangan trend, kini menggoncang honda untuk merebut kembali hati konsumen.

    Kedua, jika dilihat dari kelalaian tersebut, honda melupakan consumer satisfaction. kepuasan pelanggan yang merupakan bagian dari misi honda harusnya bisa menjadi batu loncatan untuk menerobos pangsa pasar. honda dapat melakukan research melalui directly reported satisfaction, derived dissatisfaction, problem analysis dll. seperti yang dikatakan oleh Tse dan Wilton (1988) bahwa consumer satisfaction= f (expectation, perceived performance). maka loyalitas sebagai variable endogenous dikombinasi oleh kepuasan, rintangan pengalihan (switching barrier)pemasok, dan keluhan. oleh sebab itu, alangakah baiknya jika honda menggunakan loyalitas pelanggan sebagai batu loncatan untuk merebut kembali pangsa pasar, bukan melalui iklan dimana-mana yang belum tentu menyentuh hati pelanggan yang mulai menoleh ke yamaha.

    ketiga, dilihat dari pergantian slogan menjadi “one heart” boleh2 saja tapi, implementasinya kurang mengenai hati pelanggan. action one heart hanya ibarat selingan tanpa hasil yang pasti. jika dianalisis action tersebut justru membuat lebih besar pasak dari pada tiang. bagaimana tidak, untuk melakukan action seperti itu perlu budget yang tidak sedikit. percuma jika, total cost untuk pemasaran sangat besar tetapi income honda tidak sebanding dengan itu. hal itu, sama saja dengan membuang-buang uang perusahaan tepatnya merugikan perusahaan.

    Terkait dengan analisis swot, honda telah melupakan strength yang telah menguasai pasar lebih dulu dibanding yamaha dan memilki product dengan fitur lebih lengkap dan unggul. selain itu, terimang-imangnya honda sebagai raja pasar motor membuatnya kurang peka terhadap honda’s weakness, tepatnya model motor yang statis atau tidak up to date dan kurang trendy untuk perkembanagan era sekarang ini. sementara itu, opportunities dari honda dari segi loyalitas pelanggan tidak dimanfaatkan dengan baik oleh honda. sebaliknya dengan yamaha yang mecari celah melalui keinginan pelanggan, dengan memproduksi motor methic yang membuat honda merosot. munculnya produk baru yang sudah diketahui honda, tidak dianalisis dengan matang bahwa itu merupakan threats yang perlu diantisipasi. Sehingga, yamaha membuat jantung petinggi honda berdenyut kencang karena masih tipisnya interval penjualan antara honda yang pada tahun ini memimpin dari yamaha.

    demikian argumen dari saya, trim’s ^_^

  3. Zovanka Anggi A.N

    assalamualaikum pak Donny,

    petramax pak saya duluan comment.
    saya ingin memberi tanggapan tentang artikel one heart yang telah bapak cantumkan diatas…

    Honda = One Heart = Satu HATI Produsen dengan Konsumen = adanya keterikatan secara emosional yang kuat yang ingin diciptakan oleh Honda antara Honda dengan Pelanggannya, sehingga dengan ikatan baginiah terjadi pertautan tidak kasat mata namun lebih kuat dari Gembok baja. 😀 😀
    trus Implikasinya apa???? gampang aja pak, dengan satu hati dengan Pelanggan Honda hanya menyediakan ruang Antara Honda dan Pelanggan gak ada yang lain, tidak terlihat Honda menyatakan diri lebih Hebat dari Kompetitor, Tidak terlihat upaya Black Campaign , hanya ada Ruang untuk Honda dan Pelanggan, sehingga Mindset yang ditanam dalam benak Pelanggan bahwa Honda Berusaha Memahami dan Mengerti Kebutuhan Pelanggannya, dengan kemampuan dan lini produksi yang mereka miliki.

    Semoga Ini Menjadi Nyata dan membuat konsumen Roda Dua di Indonesia mendapatkan produk Honda dengan kualitas dan harga yang terjangkau.
    Amin…

    Zovanka

    begini-begini saya juga adalah konsumen produk motor honda Pak,khususnya motor Honda Supra X 125 warna Merah Putih.

    • @Zovanka : wah komentar dari fan Honda sejati….anyway thank for your kind comment 🙂

      • Zovanka Anggi A.N

        GAGAL PETRAMAX GARA-GARA YUSUF FAKHRUDIN!!!!!

      • Once Ucup

        @zoe : sorry sir, you’re late for sending your comment..hehe 🙂
        One heart memang satu hati, baik saudara zoe, memang honda belum menyatakan diri sebagai pemain motor yang hebat, tp dengan adanya ONE HEART insya Allah Honda akan menyatakan diri sebagai pemain motor yang lebih strong ..
        kita tidak bisa melangkah langsung sekaligus ke depan tetapi kita harus melangkah sedikit demi sedikit karena jika terburu-buru akan menyebabkan keterpurukan Honda sendiri.

  4. Farabie Angriawan

    assalammualaikum. wr. wb.

    memang honda merupakan jenis transportasi yang paling mengerti dengan keinginan konsumen pak.
    apalagi yang terjadi di kampoeng saya pak daerah Pasaman, Sumatra Barat. Honda adalah jenis motor yang pertama menginjak daerah tersebut. sehingga, mereka tidak mengenal yang namanya motor ataupun kereta. tapi, apapun jenis/merk motor yang di pakai di daerah itu tetap di panggil dengan nama “HONDA”.
    sampai detik ini pun mereka di daerah tersebut tetap menyebutkan namanya Honda.
    Ini merupakan suatui terobosan yang baik untuk Honda dalam menjalankan planning yang baik. karena, mereka sudah banyak menguasai daerah-daerah terpencil.
    apa lagi di sini, mereka mengerti dengan kebutuhan konsumen di Indonesia ini. dengan harga yang murah, dan spare-part yang mudah dijangkau, membuat konsumen merasa terpuaskan. dan, saat ini mereka mengeluarkan slogan tentang “one heart”.
    ini merupakan suatu kesempatan emas bagi produk Honda yang sudah menguasai pasar yang besar. dan, khususnya untuk pecinta Honda setanah air.
    sukses selalu untuk pecinta Honda, dan mudah-mudahan selalu mengerti dengan apa keinginan konsumen.

    saya punya 1 pertanyaan pak….
    klo boleh tahu, motor bebek pertama bapak yang ada di atas itu masih ada gk???
    klo masih ada, wahhh.. itu hebat banget pak, bisa jadi barang antik.
    hehe..
    terima kasih ya pak sebelumnya.
    wassalammualaikum. wr. wb.

    Farabie Angriawan

    • @Farabie : thanks untuk komentarnya, untuk honda itu udah ndak ada, tapi saya masih ingat karena motor itu “berjasa” mengantar saya sekolah kala itu..:)

  5. SuLaiMan

    ass’mualaikum

    wah” One Heart ya,kalau ngebahas masalah Honda dan yamaha memang ga da abisnya yah .
    hehehehehe . . .,berhubung saya pengguna Honda juga,pastinya honda memang is the best lah .
    tapi apa yang saya katakan memang suatu kenyataan karena hampir semua produk yang mereka buat semuanya dapat menarik perhatian masyarakat , khususnya ya saya sendiri pengguna Honda City Sport one ( 1 ), hehehehe . saya punya saran nih agar Honda tetap menjadi “Market Leader” honda harus tetap menjaga hubungan dengan para pelanggan “because customer is the KING” ,
    hehehehehehe .

    terima kasih sebelumnya .
    karena sudah memberi kesempatan kepada saya .
    untuk mencurahkan isi hati saya tentang Honda , =D

  6. harista achyar

    yupz,, ya saya sangat setuju,,,tapi kalau saya boleh menambahkan , kala itu , HONDA terlalu PD, sehingga dia lengah dengan keadan sekitarmya, merasa hebat sehingga,,, tidak disangka ,kmpetitornya, sebut aja Yamaha, meluncurkan gebrakan yang WAH.. kebanyakan konsumen Honda sebagian beralih pada yamaha,hebatnya disini, Honda juga antusias menyadari hal itu,, Honda terus mengejar apa yang diinginkan konsumennya. . . sayang nya sekarang Honda terlalu fokus pada brand ambassador, kalo kita lihat, Honda tak perlu jor-joran untuk hal itu, karena kita tahu, HONDA punya nama yang paten !!meskipun dan bagaimanapun nantinya keadaan Honda, saya rasa khalayak tidak bisa lepas dari yang namanya Honda .

  7. abdul muis

    Assalammualaikum…

    ckckck memang pembahasan tentang One Heart dan semakin di depan itu gak akan ada habisnya Pak, pasti perusahaan mereka selalu mengeluarkan inovasi dan gebrakan baru untuk menggaet customer…
    saya setuju dengan artikel Anda..

    karena saya sendiri pecinta motor Honda sejak saya bisa mengendarai motor dan kebanyakan keluarga saya pun menggunakan honda=D
    tapi ada kekurangannya di Honda yakni kurang memperhatikan design model motor yg diluncurkan. Karena yg di luncurkan honda khususnya motor bebek pasti designnya itu itu saja
    seandainya Honda lebih memperhatikan lagi kekurangannya ini, pasti banyak sekali customer yg melirik honda.

    terimakasih saya kira comment saya cukup atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih..

    Wassalam…

    GO HONDA and ALWAYS ONE HEART

  8. gulit marco

    Mengulas tentang merek Honda yang meng-generik, sungguhlah sangat menarik ! disamping produk-produk unggulannya yang Meng-irit dan merakyat (Kalah Pak Es Be Ye) hehehehe..
    Honda merek yang sangat melekat !!

    saya pun sebagai Honda User (Revo 2009) sangat puas dengan produknya,, siapa seh yang gak kenal dengan ke iritannya honda, boleh di adu deh.
    Apa lagi Honda sekarang mengeluarkan sebuah tagline baru “ONE HEART” yang sangat menggebrak untuk promosinya meninggalkan jauh Taglinenya Yamaha,,ha,,ha,,ha yang “SEMAKIN DI DEPAN” menjadi “semakin ketinggalan”
    strategi yang sangat tepat untuk Honda agar lebih mendekatkan Brand dengan para consumer-nya..
    dulu ketika saya melihat Iklan yamaha yang menggandeng band DEWA (Langkah-langkah yang telah bla bla bla) membuat saya merasa itu adalah suatu “Pride” untuk Yamaha, bersamaan dengan promosi produknya Yamaha MIO dan Nouvo, serta Di gandengnya Pelawak Komeng yang beriklan dengan Valentino Rossi (dulu) membuat pandangan khususnya lebih merakyat,, dengan iklan yang pakaian yang robek2 (saking kencengnya) ditambah dengan kemenangan Rossi dengan Yamaha YZR-nya . . itu sebuah pukulan yang “SAKIT” untuk Honda , ,

    tapi lihatlah sekarang !!!!!!!!
    Honda meng”GEBOK” (bahasa anak STM) challenger-nya Yamaha dengan sentuhan produk-produk yang semakin variatif dan sesuai dengan kebutuhan masing2 segmen-nya.
    begitu banyak produk yang menarik dari segi Model dan Variannya serta kemudahan pembayaran yang di tawarkan oleh Honda !!

    Promosinya yang lebih ber-kelas (menurut saya) digandengnya Brand2 ambassador yang lebih Muda !!!
    huufff Amazing buat Honda dengan tagline-nya !!!!

    TOP lah buat pencetus Topik-ini !!!
    semoga semakin “gak ketinggalan” dan Membuat para fansnya semakin “ONE HEART” !!!

    regard,

  9. desi aryani

    memang Honda sangat bersaing sekali dengan Yamaha saya setuju dengan postingan bapak untuk One Heart. Honda memang hanya mengandalkan iklannya saja dari pada terjun langsung kepada konsumen, dari itu yamaha juga ikut andil untuk mempromosikan motornya tapi bedanya sangat menonjol sekali. sekali One Heart tetap One Heart.. berjuang terus Honda !!! wkwkwkwkwkwkw.

  10. karunia Sari

    saya setuju dengan ulasan Bapak, menurut saya pada kala itu honda terlalu PD, dan dia juga terlalu meremehkan para pesaing, pada saat Honda lengah Yamaha membuat terobosan baru dengan membuat produk metik pertama yang ada di Indonesia dan membuat Honda kewalahan sehingga para peminat Honda beralih kepda Yamaha, karena menurut masyarakat motor Mio merupakan motor yang praktis dalam mengendarainya, walaupun bensinnya bisa dikatakan cukup boros.

    menurut saya hal itu bisa dijadikan pembelajaran untuk Honda, jangan meremehkan para pesaing, siapa tahu ditahun yang akan datang selain Yamaha seperti Suzuki, Bajaj, Kawasaki bisa membuat produk yang lebih, lebih praktis, menarik, yang disenangi oleh masyarakat. So for Honda, you must be careful…..

    • @Karunia Sari : Salah penyakit dari Market Leader karena menggegam pangsa pasar terbanyak, terkadang PD terlalu over, jadi kepekaan terhadap kebutuhan konsumen sesungguhnya “kurang terbaca”….

  11. Nur Azhary Rachmadani

    ass’wr.wb

    sebelumnya saya minta maaf Pak karena saya kurang mengerti tentang motor, tetapi saya tahu bahwa Honda itu merupakan jenis transportasi yang sangat membantu para konsumennya . tapi saya setuju dengan artikel yang telah bapak tuangkan tsb.

    Apalagi dengan mengeluarkan varian2 baru Honda menjadikan produk yang sangat terdepan dari pada produk yang lainnya.
    sekarang Honda juga memiliki keluaran Honda Scoopy dengan varian baru lhooo…….yang sangat menarik dan elegan bagi yang menggunakannya.

    Apalgi sekarang Honda memiliki slogan ONE HEART yang mengajak agar para konsumennya menyatu ,….
    dan Honda juga sangat mengerti apa yang diinginkan oleh para konsumennya,…
    dan Honda juga tak cepat gentar dengan saingan terbesarnya yaitu Yamaha,…..

    terimakasih pak sharing ilmunya kepada kami,…

    wassalam,

  12. karunia Fitri

    saya setuju dengan Bapak tapi kalo saya boleh menambahkan, pada saat saya mewawancari salah satu bagian marketing Honda, sebenarnya saham Yamaha sudah di beli oleh Astra Honda Motor dan Yamaha tidak boleh memproduksi motor lagi di Indonesia tapi akibat kesombongan dari Yamaha itu sendiri jadi Yamaha masih ingin mengalahkan honda. . .(biasa kacang lupa ama kulitnya) hehehehe. . .

    tapi saya salut dengan Honda yang dapat menggebrak pemasaran dengan angka yang terbesar. Mungkin mereka maju karena lecehan dari pesaingnya yang dulu mereka bilang kalo motor Honda itu motor khusus untuk bapak-bapak atau motor orang tua saja jadi para kaula muda tidak pernah melirik sedikitpun produk honda atau bisa di bilang tidak tertarik lah. .

    so mereka membuktikan kalau Honda dapat memproduksi motor untuk kawula muda. .dan motornya pun tidak “jadul” hahahha. . .

    Always ONE HEART 🙂

  13. Rendy Yuriza

    Janganlah selalu mengganggap remeh seseorang maupun pesaing bisnis karena disanalah pesaing bisa melihat kelengahan untuk mengambil peluang dan kita akan kalah serta bertekuk lutut di depan pesaing kita…

  14. Magdalyta Budi Permata

    Assalamualaikum pak 🙂

    mm. .I do agree with you sir.
    I think if we want to be success, we have to focus on our purpose.
    See from the other side to make some innovation, to increase our business.
    Learn from the experienced, and I think the most important thing to run a business is how to increase customer satisfaction without increase the cost.

    thx Sir 🙂

  15. trii heriyanto

    Ass..
    memang Honda itu sangat melekat di hati masyarakat, terbukti.. orang” di jawa pun banyak mengenal motor dengan sebutan “Honda” sampai” kata motor dalam bahasa jawa ada yg mengartikan dengan sebutan HONDA .

    untuk Honda sendiri secara statistik mereka selalu dapat mengungguli merek motor yg lain, ini karena mereka memfokuskan produksi pada jenis” varian baru dengan desain dan tampilan yg menarik berbeda dengan competitor terdekatnya (Yamaha), mereka memfokuskan pada beberapa jenis dengan regenerasi secara konsisten sebut saja : Mio, Jupiter dan lainnya. Untuk Honda jarang melakukan regenerasi pada produk” tertentu.. namun dengan begitu menunjukan kreativitas yang baik dalam AHM.. dan terbukti sangat menarik minat konsumen, dan mengalahkan produk” lain..

    sekian pak, pendapat saya mengenai artikel bapak .. wassalam.

  16. anggun alawiyah

    saya setuju dengan Bapak,,,
    memang Honda selalu mengeluarkan produk yang memuaskan untuk konsumennya dan harganya pun relatif yang sangat sesuai dengan kalangan kita…
    saya pun pengguna Honda Pak,,

    Akan tetapi terkadang Honda selalu mengikuti segmen pasar bukan membuat segmen pasar, seperti contoh kasus “skuter matik” ,pada kenyataannya Yamaha punlah yang mampu membuat segmen pasar tersebut Pak, dan tidak lama kemudian Honda-pun mengeluarkan produk skuter matik jadi Honda terkesan mengikuti segmen pasar Pak…

    tetapi tetep ko pak untuk kualitas Honda yang memiliki pasar yang besar ataupun luas….
    makasih ya Pak atas kesempatan yang diberikan kpada saya untuk berkomentar…

    “ONE HEART”
    go !!!!!! go !!!!!!

  17. Putri Yunita

    wahh … saya setuju sama artikel Bapak dan pendapat teman” semua. Jujur, sebenarnya saya kurang mengerti tentang motor. tetapi, disini saya menjadi tau dan banyak ilmu yg saya dapat.

    saya akui bahas Honda memang ga ada habisnya. Saya jg memakai produk dari Honda dan Yamaha. setelah saya bandingkan memang Honda paling irit & ampuh segalanya. Kalo Yamaha bahan bakarnya boros. Tetapi, kalo ke Jawa Yamaha asik, mudah d’kendarai dll.

    Honda dan Yamaha sama ajalah ……

  18. nurhidayat

    saya kira management dalam organisasi AHM sangat tepat dan berjalan sesuai tujuannya dalam mencapai goal!! buktinya pada tahun 80-an Honda sangat menguasai pangsa pasar di indonesia, sehingga setiap masyarakat bertanya pada satu sama lainnya pasti kalimat yang berbunyi “Honda kamu merek nya apa?” sungguh realita bukan? bahwa Honda memang melejit pada waktu itu bahkan sampai sekarang kalimat seperti itu masih santer terdengar. Hanya perubahan pemikiran dan canggih nya teknologi yang membuat pesaing (Yamaha) membuka gebrakan baru nya “Mio”. tapi, strategi Honda pun tak hanya berhenti disitu saja buktinya sekarang Vario, dan Sco0py telah menguasai pangsa pasar pada tahun ini. Sungguh strategi marketing yang sangat bagus menurut saya dalam perusahaan honda tersebut.

  19. Amirah H S

    Assalamualaikum, pak.

    izinkan saya sedikit menuangkan opini saya..
    menurut saya pada kala itu Honda terbuai oleh posisinya sbg market leader dan selalu bermain di daerah nyamannya, dan sekarang seakan-akan “kebakaran jenggot” atas gebrakan yg dilakukan olh Yamaha. Slogan One Heart kemudian menggaet artis” papan atas, menurut saya terlalu berlebihan.

    walaupun saya sebagai Honda user (beat CW 110), kadangkala saya tidak mengerti maksud iklan One Heart tersebut. Tetapi saya harus mengakui bahwa untuk kualitas motor & keiiritan bahan bakar memang Honda yg terbaik.

    wass..

  20. nurfadilah

    pendapat saya ttg AHM dengan sistem 4P (PRODUK,PLACE,PROMOTION AND PRICE) cukup bagus tapi jika diteliti dibagian promotion, AHM sangat dominan di iklan.
    Dengan visi dan misi yang mengutamakan customer, mereka lebih unggul dibanding dengan produk lain.
    karena sasaran yang lebih menonjol di kawula anak muda, maka sangat cocok pula dengan design yang diproduksi oleh AHM.

    GOOD IDEA for AHM.

    I hope AHM is better than others.

  21. mulyani

    assalamualikum wr.wb
    menurut saya HONDA memang bagus…walaupun HONDA bersaing dengan Yamaha tapi HONDA tetap jadi incaran masyarakat..HONDA mempunyai kualitas yang baik apa lagi sekarang mempunyai tagline ONE HEART makin membuktikan bahwa HONDA memang yang terbaik untuk kita semua.
    TERIMAKASIH…:D

  22. imas masruroh

    assalamualaikum pak 😀

    i agree with you sir,
    i think.. if we wanna success to launch our product we should talk less do more and never feel satisfy with what we have got because the competitor will always make the best thing to get first position in customer heart. So, two thumbs up to Honda and Yamaha for their way to be a market leader

    that’s all,

  23. zean doris bp. BA 135

    Ass Pak ….

    Saya rasa slogan One Heart sangat pas buat kemajuan dan intensitas produk Honda…
    Honda sangat mengarti keinginan pasar , dan juga Honda sangat memperhatikan keinginan masyarakat luas,
    dan juga lebih mementingkan kenyamanan.
    Seiring berjalannya kemajuan zaman , Honda saya rasa sangat mampu dan pasti dapat selalu menjadi ONE HEART Bagi masyaarakat luas….

  24. Mega prasatiwi

    Menurut saya Honda adalah salah satu kendaraan yang terbagus dari yang lain dilihat dari mesin dan gasnya lebih ringan dan bandel serta irit bahan bakar walaupun dilihat dari model tampilan Honda sangat kurang bagus dari (Yamaha) tapi kualitas yang diberikan oleh Honda sangat bagus dan memuaskan untuk para remaja, orang tua yang mengendarainya dan sekarang Honda bertambah maju dengan model motor yang baru yaitu metic dimana metic ini lebih mudah digunakanya untuk para anak”, remaja, maupun orang tua yang gemar mengendarai motor.
    jadi pendapat saya Honda akan selalu jadi yang terdepan dari yang lain.

  25. fajar mulya

    yuuupz,, betul bgt apa yang bapk blg tapii klo mnurt saya, Honda ga akan pernah padam selama customernya masih setia, and saya juga yakin Honda akan selalu membuat gebrakan baru, sehingga Honda ttp ada ! jgn prnh khawatir honda hilang, dan kalo Yamaha sndrii tu hal yg wjar dlm bdg bisnis akn sllu ad kompetitor …. bersaing tu lbh memotivsi untk mmbuat yg trbaik !!!

  26. fajar mulya

    assalamualaikum..

    yuppzz betul banget apa kata bapak tapi klo menurut saya, honda gak akan pernah padam selama customernya masih setia dan saya juga yakin honda akan membuat gebrakan baru, sehingga honda tetap ada dan di senangi customernya. jangan pernah khawatir honda hilang dan untuk yamaha itu sendiri hal yang wajar dalam bidang bisnis akan selalu ada kompetiter bersaing untuk lebih memotivasi untuk membuat yang terbaik.

  27. haha jadul bangetttt

  28. dessy

    Wah bolg yang bagus Pak Donny saya terkesan. Maaf nih pak sblmnya, kalo blh tahu apa pak Donny punya data lengkap ndak mengenai belanja iklan pabrikan sepeda motor di thn 2009, 2012, 2013. Kebetulan data itu lg saya butuhkan untuk melengkapi thesis saya di UNDIP.Kalo ada tolong ya pak saya dibagi infonya, ini almt email saya ariny_sembiring@yahoo.com. Terima kasih kasih bnyk sudah membaca pos komnet saya, dan saya berharap bpk mau membantu saya.

    ariny sembiring

    • Dear Mba Ariny Sembiring,

      Terima kasih berkenan mampir di Blog Manuver Bisnis, sayang sekali saya tidak menyimpan data belanja iklan tahun tersebut, majalah swa dan marketer punya data bank tentang hal itu, mungkin kontak bagian kepustakaan data majalah tersebut. Mohon maaf tidak bisa membantu lebih lanjut berkenaan dengan data tersebut. Semoga sukses dan lancar thesis-nya Mba Ariny

      Salam hangat,

Tinggalkan Balasan

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén