5 Indonesia Living Legend Brands 5 Indonesia Living Legend Brands thumbmusiumbri“Apalah arti sebuah nama”, demikian ungkapan William Shakespeare yang cukup populer yang sering  disebut banyak orang. Kata-kata yang diambil dari dialog roman terkenal  Romeo dan Julliet ketika membincangkan kisah asmara mereka. Sebuah nama barangkali tidaklah penting-penting amat barangkali, tetapi sebuah nama akan menjadi “pembeda” ketika banyak nama bermunculan “menyerupai”-nya. Pada titik ini, dari perspektif bisnis dan manajemen, sebuah merek mempunyai peran yang serupa dengan arti nama tadi.

Walaupun banyak pakar dan orang menilai kalau konsumen bangsa ini, lebih “memuja” merek-merek asing barangkali benar adanya. Tetapi ditengah deru persaingan yang sedemikian ketat, bangsa kita ini yang merdeka hampir 70 tahun ini, ternyata mempunyai sederetan merek yang umurnya melebihi umur kemerdekaan Republik ini.  Merek-merek tersebut bahkan ada yang umurnya lebih dari 100 tahun, dan hebatnya masih dicari, diminati, dikangeni para pencita konsumennya. Ini dia 5 Merek asli Indonesia yang menjadi Living Legend Brands yang patut dibanggakan :

Urutan Pertama, merek Kopi Bubuk Warung Tinggi yang lahir pada tahun 1878, berarti merek ini sudah berumur 134 tahun. Sejatinya Warung Tinggi dulunya merupakan sebuah warung kelontong dan berjualan makanan seperti warteg serta barang-barang kebutuhan rumah tangga. Warung tersebut berada di jalan Moolen Vhier Oost, Batavia yang sekarang terkenal dengan nama Jalan Hayam Wuruk. Disamping itu, keluarga Liauw Tek Soen sang pendiri juga menjajakan Kopi khasnya yang diberi merek nama warung tersebut. Bukan perkara mudah mempertahankan usaha sampai umur segitu, sekarang generasi ke lima yang mengendalikan kopi bubuk ini. Kopi Bubuk Warung Tinggi ini disamping mempunyai toko, mereka juga memiliki pabbrik sendiri yang rata-rata kuantitasnya mencapai 100 ton per bulan. Dahsyat bukan, merek kopi ini tetap eksis hingga kini ditengah beragamnya kedai kopi yang merengsek masuk di Indonesia.

Urutan Kedua, merek bank “ndeso” BRI, umur mereknya juga lebih dari 100 tahun, tepatnya, 117 tahun. Bank yang asetnya paling kaya di negeri ini yang kebanyakan konsumennya adalah warga pedesaan ini awalnya didirikan di Purwokerto, Jawa tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden, yang berarti “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Ini adalah cikal bakal bank yang didirikan untuk melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Tanggal berdirinya pada tanggal 16 Desember 1895 kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.

Urutan ketiga, merek jamu Iboe yang sekarang dikelola PT.Jamu Iboe Jaya di daerah kawasan Sidoarjo, dekat ke Surabaya. Awalnya, jamu Iboe ini didirikan Tan Swan Nio dan Siem Tjiong Nio dengan nama Djamoe Industrie en Chemicalien Handel Iboe tjap 2 njonja di daerah Ngaglik kota Surabaya pada tahun 1910. Jamu merek Iboe ini akhirnya menjadi sangat terkenal ketika bisa menghasikkan obat batuk  epidemis di Surabaya. Sebuah terbosan di kala itu dengan produk jamu.

Urutan keempat, merek miyak Gosok Cap  Tawon yang didirikan sejak atahun 1812 di kota Makassar,  Produk ini telah dikenal secara luas, baik dalam dan luar negeri serta menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar. Tidak heran jika minyak gosok cap tawon ini menjadi salah satu yang “wajib” dibawa pulang ketika berkunjung ke Makassar. Produk ini telah dikenal secara luas, baik dalam dan luar negeri serta menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar. Tidak heran jika minyak gosok cap tawon ini menjadi salah satu yang “wajib” dibawa pulang ketika berkunjung ke Makassar. Umur merek tsb adalah 100 tahyn

Urutan kelima, adalah  merek bernama Bumiputera yang leading dan bergerak di bidang asuransi. Merek ini cukup banyak dilirik dijamannya, berdiri sejak tahun 1912. Bumiputera adalah salah satu perusahaan cukup besar di tanah air. Merupakan satu-satunya perusahaan asuransi yang dikelola warga pribumi  (Indonesia) saat itu.

Luar biasa ternyata Indonesia mempunyai merek yang umurnya lebhi tua dibanding umur republik ini, sebuah pencapaian yang luar biasa bukan ? Bagaimana dengan merek yang Anda kelola?

Credit Photo : banjoemas.com