10.000 Hour Rule 10.000 Hour Rule malcolm gladwell outlier1

Tahun ini saya berkesempatan mudik mengantar jagoan dan peri saya sungkem kakek Neneknya di kota Jogyakarta. Di sela-sela bernostalgia di kota pelajar ini, saya menyempatkan mengobrol dengan teman-teman “seperjuangan” dulu, terutama yang memutuskan menetap di kota ini. Salah satunya adalah teman ngobrol, berdebat, main kartu, teman satu almamater yang memutuskan menjadi entrepreneur sejak kelulusan dari bangku kuliah, ketika kami semua dan teman-teman lain, termasuk saya, sibuk membuat surat lamaran kerja dan wira-wiri memenuhi panggilan kerja kemana-mana. Dia termasuk salah satu sohib saya yang konsisten tidak pernah melayangkan surat lamaran kerja setelah kelulusannya. Tidak pernah melamar pekerjaan, tapi “dilamar”. Maklum dia membawahi beberapa unit usaha dengan ditemani puluhan pegawai.

Bahkan salah satu unit usahanya ada di beberapa jalan utama dekat kampus dimana dulu kita dulu nongkrong ngabuburit menunggu buka puasa kala itu  Kini setelah lebih dari satu decade setelah kelulusan, usahanya semakin menggelinding. Dari perbincangan sambil kopdar bareng, dia bahkan telah meluaskan usahanya dengan membangun kantor di kota Jakarta. Jujur saja saya angkat topi dengan kekonsistenan sohib saya yang satu ini untuk menekuni usahanya itu sejak awal dulu. Walaupun indek prestasinya cukup tinggi, tidak sedikitpun tergiur untuk melamar perusahaan-perusahaan kelas atas laiknya dilakukan oleh teman-teman lainnya. Kini dalam tetap kebersahajaannya, dia telah mengail kesuksesan atas sikap konsisten serta fokus di bidang yang dia tekuni.

Melihat ketekunan Arif, nama teman saya tadi, saya jadi ingat buku best seller berjudul Outliers : The Story of Success, karangan Malcolm Gladwell yang sukses juga menulis buku berjudul The Tipping Point (2000) dan Blink (2005) yang menjadi best seller. Di buku tersebut, Gladwell bertutur tentang narasi 10.000 Hour Rule, sebuah study yang memaparkan bahwa untuk kesuksesan memerlukan sebuah langkah konsistensi berkesinambungan menyelesaikan tugas di bidang tertentu selama 10.000 jam. Dengan asumsi setidaknya berkutat selama 20 jam per minggu selama 10 tahun menekuni bidang yang sama. Sebuah langkah yang sudah dilakoni rekan saya Arif menjadi entrepreneur menekuni pernak-pernik bisnis kertas, buku dan percetakan selama lebih dari 10 tahun sejak kelulusannya.

Yang sedikit berbeda barangkali, sample yang diambil Gladwell adalah hasil wawancara dan mencermati manuver bisnis dari Bill Gates serta study tentang kesuksesan kiprah group band legendaries Beatles. Bill Gates telah mencapai 10.000 hour rule sejak beliau mengotak-atik programming komputer sejak berumur 13 tahun di tahun 1968. Sedangkan group legendaries Beatles yang melakukan penampilan panggung lebih dari 1200 kali sejak melakukan live di Hamburg di tahun 1960 sampai 1964. Jelas, sebuah kesuksesan bukanlah sebuah usaha yang datang secara tiba-tiba dan instan. Dan itu sudah usaha tidak mengenal lelah yang melewati ambang 10.000 hour rule yang diteliti oleh Gladwell.

Sebagai praktisi bisnis di lapangan, seringkali di temui orang yang “tergesa-gesa” pingin sukses. Belum lama bercerita menekuni satu bidang bisnis A, beberapa saat kemudian ketika ketemu kembali ceritanya sudah beralih di bisnis B. Tidak lama kemudian di pertemuan yang lain, dia mengoceh sedang menekuni bisnis C. Dugaan saya, kecenderungan seperti ini dipicu keinginan untuk “kelihatan sukses” dengan mengedepankan “ketidaksabaran”. Padahal untuk bisa memahami detail bisnis A sampai Z butuh waktu dan ketekunan serta endurance (daya tahan) yang tinggi di satu titik. Ini yang seringkali orang gagal melakoninya. Ibarat orang bercocok tanam, belum sampai buah atau bunga yang ditanam berbuah atau berbunga, dia sudah beralih menanam buah atau bunga yang lain. Bisa ditebak hasilnya….tidak pernah memanen hasilnya….pekerjaannya selalu “menanam” saja.

Terkadang rasa jenuh menghampiri ketika bisnis yang kita lakoni terasa lambat langkahnya. Tetapi jalan keluarnya bukan dengan pindah jalur bukan? Sudahkan Anda melakoninya lebih dari 10.000 jam yang disarankan Gladwell?

Mengucapkan Selamat Idul Fitri bagi Para pembaca setia Blog Manuver Bisnis, mohon maaf lahir batin.